al aziz

Your description goes here

  • RSS
  • Delicious
  • Facebook
  • Twitter

Popular Posts

Hello world!
Righteous Kill
Quisque sed felis

About Me

Popular Posts

Thumbnail Recent Post

Righteous Kill

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in ...

Quisque sed felis

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in ...

Etiam augue pede, molestie eget.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in ...

Hellgate is back

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit ...

Post with links

This is the web2feel wordpress theme demo site. You have come here from our home page. Explore the Theme preview and inorder to RETURN to the web2feel home page CLICK ...


Masyarakat memili banyak pengertian (@wikipedia) Masyarakat (sebagai terjemahan istilah society) adalah sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem semi tertutup (atau semi terbuka), dimana sebagian besar interaksi adalah antara individu-individu yang berada dalam kelompok tersebut. Kata “masyarakat” sendiri berakar dari kata dalam bahasa Arab, musyarak. Lebih abstraknya, sebuah masyarakat adalah suatu jaringan hubungan-hubungan antar entitas-entitas. Masyarakat adalah sebuah komunitas yang interdependen (saling tergantung satu sama lain). Umumnya, istilah masyarakat digunakan untuk mengacu sekelompok orang yang hidup bersama dalam satu komunitas yang teratur.
Menurut Syaikh Taqyuddin An-Nabhani, sekelompok manusia dapat dikatakan sebagai sebuah masyarakat apabila memiliki pemikiran, perasaan, serta sistem/aturan yang sama. Dengan kesamaan-kesamaan tersebut, manusia kemudian berinteraksi sesama mereka berdasarkan kemaslahatan.
Masyarakat sering diorganisasikan berdasarkan cara utamanya dalam bermata pencaharian. Pakar ilmu sosial mengidentifikasikan ada: masyarakat pemburu, masyarakat pastoral nomadis, masyarakat bercocoktanam, dan masyarakat agrikultural intensif, yang juga disebut masyarakat peradaban. Sebagian pakar menganggap masyarakat industri dan pasca-industri sebagai kelompok masyarakat yang terpisah dari masyarakat agrikultural tradisional.
Masyarakat dapat pula diorganisasikan berdasarkan struktur politiknya: berdasarkan urutan kompleksitas dan besar, terdapat masyarakat band, suku, chiefdom, dan masyarakat negara.
Kata society berasal dari bahasa latin, societas, yang berarti hubungan persahabatan dengan yang lain. Societas diturunkan dari kata socius yang berarti teman, sehingga arti society berhubungan erat dengan kata sosial. Secara implisit, kata society mengandung makna bahwa setiap anggotanya mempunyai perhatian dan kepentingan yang sama dalam mencapai tujuan bersama.


Masyarakat perkotaan dan masyarakat pedesaan tidak seharusnya terlalu dibedakan. Sesuai dengan pengertian diatas seharusnya kita tahu bahwa kita adalah satu, saling membutuhkan dan saling tergantung. Masyarakat kota membutuhkan masyarakat desa dan juga sebaliknya. Keadaan sosial diperkotaan memang jauh beda dengan yang dipedesaan. Pola hidup yang membuat keadaan sosial ini berbeda. Masyarakat kota cenderung untuk tidak banyak bergaul dengan tetangga atau bisa dibilang tertutup hanya untuk keluarga dan kerabat dekat, ini terjadi karena sibuknya jadwal yang terbiasa pergi pagi dan pulang malam, waktu yang tersedia pada akhir pekan dipakai untuk berekreasi bersama keluarga. jarang sekali dapat bergaul dengan tetangga disekitar jika tidak ada hal yang mendesak.
Berbeda dengan pedesaan, yang memiliki pola hidup monoton, yang miliki banyak waktu dan tempat yang berdekatan antara rumah dengan tempat bekerja. Dapat dengan mudah menjalin hubungan baik dengan tetangga, terlihat dengan adanya musyawarah-musyawarah dan pengajian tiap malam.

Masalah akan timbul jika dua kelompok ini tinggal berdekatan, bagi yang biasa tinggal disuasana pedesaan akan menganggap orang perkotaan tidak peduli tetapi hal yang sebenarnya adalah orang orang dengan pola perkotaan hanya memiliki sedikit waktu untuk bergaul.
Dengan adanya tulisan ini penulis mengharapkan agar tidak akan menjadi masalah jika hal tersebut terjadi, alangkah baiknya jika setiap manusia memiliki hubungan baik dengan siapapun karena seperti pengertian diatas manusia itu saling membutuhkan.
sekian




Leave a Reply